Monday, March 2, 2015

Selamat Datang di Tahun 2015

        
           
Happy New Year !!! Sebuah ucapan yang selalu kita dengar saat pergantian tahun. Harapan dan doa selalu dipanjatkan di awal tahun baru. Begitu juga pada awal tahun 2015 ini. Tidak hanya harapan dan doa, tetapi kita juga harus mempunyai rencana di tahun yang baru. Kebiasaan membuat resolusi bermunculan di awal tahun 2015 ini, sehingga tujuan dapat dicapai dengan baik.


            Sebenarnya resolusi merupakan sesuatu yang baru di zaman modern ini. Konon pada zaman Babilonia dan Romawi, berbagai suku bangsa sudah mulai membuat resolusi. Bangsa Babilonia diketahui telah sejak lama memiliki kebiasaan berjanji kepada para dewa untuk mengembalikan barang-barang yang mereka pinjam dan membayar hutang-hutangnya di setiap awal tahun. Adapun bangsa Romawi memiliki kebiasaan berjanji kepada Dewa Janus pada setiap awal tahun, sehingga akhirnya bulan tersebut dinamakan sebagai Januari dalam penanggalan Masehi.

            Kita juga dapat membuat berbagai macam resolusi, baik yang umum maupun yang khusus, agar kehidupan kita lebih terarah dan cita-cita kita dapat tercapai. Caranya dengan mendaftar tujuan kita tahun ini, kemudian mendaftar segala sesuatu yang belum terlaksananya sepenuhnya ataupun yang tidak terlaksana di tahun sebelumnya.

            Salah satu resolusi yang baik adalah “mengubah kebiasaan buruk dan beralih ke kebiasaan yang baik”. Resolusi ini sangat sederhana tetapi membutuhkan kemauan dan tekad yang luar biasa, karena kita dihadapkan pada keegoisan diri sendiri. Mungkin dimulai dengan hal yang kecil terlebih dahulu, misalnya meninggalkan kemalasan, berusaha tertib, terbuka terhadap orang lain yang akan memberikan kritik. Yang terpenting adalah keluar dari zona nyaman kita. Setelah itu kita lebih mudah untuk meninggalkan sifat egois yang akan mengarah pada perubahan yang positif. Dengan resolusi ini, yakinlah kita akan lebih baik dalam segala hal di kehidupan mendatang.

            Selain itu, resolusi yang tidak kalah pentingnya adalah “belajar sesuatu yang baru”. Seiring dengan perkembangan zaman, kita dipaksa untuk menghadapai zaman yang serba canggih, yang membuat kita untuk selalu belajar. Hal ini juga sesuai dengan salah satu semangat Dominikus, yaitu semangat study.  Dengan belajar, kita pun dapat mengatasi kebosanan yang ada.


            Awal tahun baru memang senantiasa dipandang sebagian besar orang sebagai saat yang tepat untuk mengungkapkan resolusi mengenai apa yang akan dilakukan atau diinginkan selama setahun ke depan. Tahun baru dipandang sebagai waktu yang tepat untuk menoleh ke belakang, melakukan introspeksi dan mengevaluasi segala hal yang telah dilakukan pada tahun yang baru saja dilewati dan memperbaikinya di tahun yang akan berjalan. (ika)

No comments:

Speak Your Mind

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger TemplatesPublished.. Blogger Templates